Bentuk usahaku untuk makanan pedas

Halo, usiaku 23 tahun dan sampai detik ini kayanya perutku masih kurang bisa mentolerir makanan pedas.
Sumpah aku ga pengen jadi manja.

Menu makan malam kali ini adalah "Mentok", begitu mamiku menyebutnya.
"Mentok" itu adalah makanan khas daerah Malang selatan yang dimasak dengan bumbu pedas, rasanya mirip sekali dengan ayam betutu.
Enak banget kan ?
bagi orang-orang yang menyukai masakan pedas, tentu makanan ini menjadi primadona karena memang rasanya yang gurih santan dan pedas.
Aku pun menyukainya.
Sayang perutku ga bisa.

Pernah suatu kali saat aku awal masuk kuliah, aku memaksakan diri untuk "break the rules", membiasakan diri pelan-pelan makan masakan pedas, dimulai dari makan Indomie pakai cabe instan Indomie dan menu pedas lainnya. Sehari dua hari perutku masih selamat.
Hari ke-3, ga selamat.
Mylanta cair jadi soulmate ku kala itu.
Karena promag pun udah gak mempan.
Bukan sekali dua kali aku selalu membiasakan diri untuk makan pedas, karena memang sebenarnya akupun suka. Tapi perutku berkali-kali perih.
Sampai suatu ketika,
Temanku pernah membelikanku makan siang.
Dia bilang beli "ayam geprek".
Tapi aku gatau kalau ternyata yang dia beli adalah ayam nelangsa, yaitu menu ayam crispy yang dilumuri sambal khas rumah makan Ayam Nelangsa yang terkenal di Malang.
Jujur, aku speechless, karena dia dengan bahagia dan sukarela membelikanku makanan itu. Sedangkan aku takut kenapa-kenapa disitu. Karena aku ga bawa Mylanta dan obat-obat lainnya hahaha.
Jadi tanpa sepengetahuan temanku, aku cepat-cepat ke dapur,
dan aku cuci dong ayam crispy nya huhuhuhuhu.

Aku siram pakai air aqua sebersih mungkin.
Ayam crispy ya, jadinya ya seperti ayam lapuk gitu ga sih.
Ga sekali dua kali diam-diam aku mencuci menu lauk yang dilumuri pedas.
Aku ingin menghargai usaha orang lain, tapi aku merasa ga enak untuk bilang ga bisa, karena sudah terlanjur dibuatkan atau dibelikan, hmm gimana ya.
Mungkin dari sini, budaya Timur sangat melekat di diriku. Susah untuk bilang 'tidak' karena orang lain sudah berusaha untukku.

Dan sama dengan menu makan malam kali ini, ya aku cuci lagi "daging mentok" nya agar ga begitu pedas. LOL

Comments